Breaking News

Harus Dibaca Tips Menata Keuangan Ini Pasca Lebaran


Lebaran adalah saat yang membahagiakan bagi kita karena kita bisa berkumpul dengan keluarga, halalbihalal, pakai baju baru, makan enak dll. Setelah perayaan Idul Fitri selesai, kami akan kembali ke rutinitas normal kami. Yang benar-benar terasa setelah lebaran adalah ekonomi yang melemah. Tidak heran jika pengeluaran kita meningkat saat lebaran karena untuk membeli baju, makan keluarga, memasak, pulang berkendara dan berbagi THR.

Ketika kita menghabiskan begitu banyak, kita perlu mengatur keuangan kita dengan bijak pada hari raya Idul Fitri. Mari kita lihat bagaimana mengendalikan situasi keuangan Anda selanjutnya setelah lebaran.

1. Berapa Dana yang Masih Ditabung

Setelah lebaran, Anda tinggal mengecek penghasilan yang masih disetorkan dan darimana dana tersebut berasal. Hitung sisa dana. Jika ada penghasilan tambahan, segera catat. Setelah berhitung dan menabung, jangan tergoda untuk membelanjakan sisa uangnya untuk barang-barang yang Anda konsumsi. Dengan menghitung dana, Anda bisa menentukan rencana anggaran selanjutnya.

2. Lakukan audit keuangan

Selain menghitung sisa saldo, Anda juga harus melakukan audit keuangan. Membuat laporan pengeluaran selama lebaran. Catat sebanyak mungkin detail untuk membuat penilaian lebih mudah. Dengan membuat laporan pengeluaran, Anda bisa mengetahui kemana saja pengeluaran terbesar Anda.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk menggunakan dana darurat selama libur lebaran. Maka Anda perlu memikirkan bagaimana cara mengisi dana darurat tersebut, karena dana darurat merupakan item keuangan yang penting dan harus diisi.

3. Lunasi semua hutang

Apakah Anda menggunakan kartu kredit, utang, atau barang lain untuk memenuhi kebutuhan Anda selama lebaran? Jika demikian, segera lunasi semua hutang Anda. Hutang yang ada terlalu lama bisa menjadi beban keuangan di bulan-bulan berikutnya

4. Atur ulang anggaran Anda

Mengembalikan anggaran Anda adalah langkah penting yang harus diambil setelah Idul Fitri. Setelah mengetahui sisa uang dan pengeluaran yang Anda keluarkan selama libur lebaran, kini saatnya membuat anggaran belanja.

Sesuaikan budget Anda dengan sisa uang Anda. Batasi pengeluaran yang tidak perlu. Buat anggaran sedetail mungkin. Kemudian sesuaikan anggaran Anda agar pengeluaran tetap terkendali.

5. Mengutamakan kebutuhan pokok dan kesehatan

Saat membuat anggaran, utamakan kebutuhan dasar dan kesehatan. Anda harus memastikan bahwa dana yang tersedia cukup untuk kebutuhan bulanan Anda, terutama kebutuhan pokok seperti makanan, air, listrik dan lain-lain.

6. Simpanan dan Dana Simpanan Darurat Wajib

Selain kebutuhan pokok, Anda juga perlu memikirkan rekening tabungan dan dana darurat. Jika Anda menggunakan dua dana tersebut saat libur lebaran, cobalah top up. Manfaatnya memang tidak akan langsung Anda rasakan, namun akan sangat berguna di kemudian hari. Jadi, jangan sia-siakan tabungan dan uang darurat Anda!

Nah, tentu saja, jika Anda menghabiskan banyak uang selama lebaran, Anda harus mengatur ulang anggaran Anda. Ingatlah untuk berhati-hati saat membelanjakan uang selama Idul Fitri. **

No comments