Breaking News

Peran Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Dalam Membina Kegiatan Pramuka Di Wilayah Binaan

 

Padang Pariaman,araamandiri - Dalam upaya pembinaan Saka Wira Kartika Pramuka bagi generasi muda di wilayah, Babinsa Koramil  05/Lubuk Alung Sertu Joni Iswandi melaksanakan kegiatan melatih Siswa siswi Pramuka sebanyak 20 orang bertempat di sekolah MAN 1 Padang Pariaman, Korong Batang Tapakis,, Nagari Sintuk, Kecamatan Sintoga, kabupaten Padang Pariaman Sabtu 11/09/2021.

Kegiatan kepramukaan adalah merupakan suatu wadah pembinaan bagi generasi muda, yang mana hal ini sangat berperan dalam membentuk karakter kepribadian, keimanan, kedisplinan serta rasa tanggung jawab dan rasa cinta tanah air, agar nantinya bisa menjadi bekal dalam menggapai cita-cita sebagai generasi muda penerus bangsa yang tangguh dan bertanggung jawab.

Dalam latihan kepramukaan tersebut, Babinsa Sertu Joni Iswandi memberikan pelatihan materi Peraturan Baris berbaris, Pionir, pengenalan Tali temali, materi dasar cara turun tali/ refling. Tujuan daripada latihan ini adalah agar para anggota pramuka mengenal serta bisa mengetahui simpul-simpul dalam tali temali, serta nantinya dapat di aplikasikan dilapangan.

Sebelum kegiatan dimulai, seluruh siswa siswi pramuka berkumpul dilapangan Basket sekolah untuk menerima pembekalan teori simpul tali temali yang di praktekan oleh Babinsa agar seluruh anggota pramuka mengerti dan memahami tahap-tahap latihan yang diajarkan. Sesudah teori yang yang diberikan cukup untuk dipelajari, dilanjutkan masing-masing anggota pramuka melakukan praktek secara perorangan maupun kelompok dengan dituntun oleh anggota Babinsa serta guru pendamping.

Dari latihan praktek yang dilaksanakan, masih ada beberapa siswa yang belum mengerti cara membuat simpul tali temali dan membutuhkam bimbingan serta pendampingan agar mahir dan menguasai. Selama latihan yang dilaksanakan, sebagian besar siswa siswi pramuka sudah dapat mempraktekan membuat simpul tali yang terbagi dalam beberapa jenis diantaranya simpul mati, simpul hidup, simpul pangkal jangkar, simpul anyar dan simpul lainnya sebanyak 21 simpul tali temali.

Agar para anggota pramuka tidak kesulitan dalam latihan simpul tali temali, maka Babinsa Sertu Joni Iswandi secara bertahap mengajarkan simpul tali temali yang mudah di mengerti terlebih dahulu untuk selanjutnya bertingkat dan berlanjut hingga pada simpul tali yang berikutnya.

Sertu Joni Iswandi mengatakan bahwa pembinaan kepramukaan di wilayah Sintuk tidak hanya di sekolah MAN saja, akan tetapi di seluruh sekolah yang tergabung pada saka wira kartika pramuka. Latihan yang kita berikan pada kegiatan pramuka bervariasi seperti latihan baris berbaris, latihan praktek Sandi, latihan simpul tali serta materi lain yang ada di kegiatan pramuka. Dan agar tidak mengganggu jam sekolah, maka latihan pramuka dilaksanakan sesuai jadwal yang diberikan pihak sekolah dengan harapan Koramil dan pihak Sekolah MAN dapat bekerja sama dalam pembinaan kepramukaan sehingga dapat berjalan dengan maksimal disertai kehadiran anggota pramuka yang banyak.

Guru pendamping sekolah MAN 1 Padang Pariaman Bapak Erwin  mengatakan bahwa Pelatihan Saka Wira Kartika Pramuka di Sekolah MAN sudah menjadi bagian pembinaan Koramil 05/Lubuk Alung. Dan untuk pelaksanaan latihan dilakukan sesuai jadwal kegiatan ekstras kurikuler sekolah sehingga pelaksanaannya terprogram. Dan untuk pembinaanya Pihak Sekolah sudah bekerja sama dengan Koramil 05/Lubuk Alung dengan menerjunkan Babinsa Koramil yang menguasai kegiatan latihan pramuka, sehingga kami sangat berterimakasih dan percayakan sepenuhnya pada Babinsa agar siswa siswi pramuka kami dapat terlatih dan terbina dengan disiplin serta mental yang baik, ujar Erwin. (rls)

No comments