Breaking News

Bimtek Jitu Pasna Sumbar Angkatan VII Pada Hari ke Dua

 


Memasuki hari kedua Bimbingan Teknis Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana Sumatera Barat (Bimtek HC Jitu Pasna Sumbar) Angkatan VII tahun 2021 di Imelda Hotel, Padang, Jumat (24/9/2021), para peserta berkompetisi membuat infografis tentang 3 peristiwa bencana alam, yaitu gempa bumi, banjir dan tanah longsor. Untuk itu dibuat 3 kelompok, yang dibagi lagi menjadi 15 tim. Per satu tim, beranggotakan 5 orang. 

Selepas Ashar hingga menjelang maghrib masing-masing tim berjibaku membuat infografis sesuai pilihan peristiwa bencana alam masing-masing. Rata-rata terlihat serius bolak balik dari tempat duduknya ke whiteboard di bagian belakang ruangan, mempelototi secara seksama data-data pasca bencana yang tersaji, lalu kembali ke tempat duduk di formasi tim masing-masing, berkutat di depan laptop menyusun infografis terbaik.

Di sela fokus menyelesaikan infografis, para peserta juga musti menjawab pertanyaan daring seputar kebencanaan.

Selepas maghrib, panpel memanggil satu persatu koodinator tim untuk mempresentasikan secara rinci infografis yang telah mereka selesaikan bersama tim masing-masing. Tentunya bahan presentasi harus sesuai materi (bencana) pilihan masing-masing tim.

Setelah satu persatu koordinator tim tampil presentasi ke depan, maka pada pukul 22.00 WIB tiba saatnya pihak panpel mengumumkan 5 tim pemenang dari 15 tim yang sama-sama berjibaku membuat infografis. 

Diawali pengumuman pemenang kelima dan seterusnya, akhirnya posisi puncak lomba pembuatan infografis pasca bencana ditempati "Tanah Longsor", tim yang dikoordinatori Diny Rahmad (relawan BPBD Sumbar), kemudian diperkuat oleh Nofitri Yardi "Toke" dan Kamran Agus (Penggiat Kebencanaan) serta oleh Yuamran "Andre Figur" dan Ecevit Demirel "Ede Sumatrazone" dari unsur jurnalis. 

Diny beserta para rekan satu tim-nya terlihat sumringah menerima bingkisan "Juara 1" dari Kabid Rehab Rekon BPBD Sumbar, Suryadi Eviontri, ditingkahi yel-yel serta applause segenap peserta, Jumat (24/9/2021) malam.

"Alhamdulillah., kami tim Tanah Longsor berterimakasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada kami, terimakasih kepada para narasumber yang telah membekali kami sederet ilmu bermanfaat, juga terimakasih atas semangat dan kerjasama yang baik dari rekan-rekan satu tim, sehingga Tanah Longsor terpilih sebagai tim terbaik pembuatan infografis di angkatan VII ini," papar Diny masih dalam paras sumringahnya. 

Tak lupa, dengan semangat  bergelora ia menyerukan "salam tangguh, salam kemanusiaan!".

No comments