Breaking News

Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Bantu warga Binaan Panen Jeruk

 

Padang Pariaman,araamandiri - Babinsa Koramil 05/LA Kodim 0308/Pariaman berkesempatan membantu warga Korong Kabun baru Nagari Balah hilia Kec. Lubuk alung Kab. Padang Pariaman, untuk memanen jeruk di kebun miliknya warga setempat, Jum'at (20/08/2021).

Tanaman jeruk merupakan salah satu komoditi untuk menambah penghasilan mencukupi kebutuhan keluarga di Korong kabun baru, namun sangat disayangkan pada saat sekarang ini, banyak tanaman jeruk yang mulai mati akibat kurangnya perawatan serta tergenang oleh air akibat hujan.

Dalam kesempatan tersebut Sertu Pauzi adri menyampaikan agar para petani jeruk bisa membentuk kelompok sehingga saling berkomunikasi untuk memajukan produktifitas jeruk, agar tanaman jeruk yang ada tidak mati dan mengalami kepunahan sehingga harga yang ada di pasaran bisa terus setabil.

Bapak Sapri sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Babinsa menyempatkan diri melihat-lihat dan membantu di kebun kami.

Kami mempunyai kebun jeruk seluas setengah hektar, untuk penanaman sebenarnya cukup mudah dengan menanam bibit jeruk di lahan yang sudah di gemburkan kemudian diberi pupuk alami atau buatan pabrik setiap 4 bulan sekali, ketika tanaman jeruk berumur 2 tahun sudah berbuah dan bisa di pasarkan, jelas Bapak Sapri.

Saat ini, buah jeruk cukup susah didapat sehingga harga yang ada cukup mahal yaitu berkisar hingga 200 ribu dengan tempat atau peti. Adapun pembeli yang ada langsung mendatangi kebun jeruk kami untuk memetik sendiri atau dijual di pasar daerah, yang akan dijual hingga keluar wilayah Padang Pariaman. (rls)

No comments