Breaking News

Melirik Usia Senja Pak Marajo, Sipengrajin Besi

ARAA, LIMAPULUH KOTA - Pengrajin besi adalah sebuah profesi yang langka untuk masa sekarang ini.

Di kabupaten Limapuluh Kota saja tercatat hanya beberapa orang saja yang masih menekuni profesi ini.

Salah satunya pak Marajo (68 th)  yang sehari harinya bekerja di Apa - bengkel pandai besi di Sumatera Barat - red. Berlokasi di  Piladang , tepatnya di depan pasar tradisional Pekan Jum'at Piladang kabupaten Limapuluh Kota.

Pak St. Marajo mengatakan profesi ini dia tekuni sejak masih kecil mengikuti ayahnya. Sekarang anaknya Jon Pajok (46 th) juga mengikuti profesi pak Marajo

Keduanya melayani pembuatan perkakas pertanian dan rumah tangga seperti cangkul, parang, sabit, pisau, serta perkakas besi lainnya.

Terutama cangkul produksinya dengan cap MRJ sudah terkenal seantero kabupaten Limapuluh Kota serta daerah tetangga kabupaten Agam.

Itu karena mutu yang tetap dipertahankan sehingga petani pemakai puas menggunakan cangkul buatan pak Marajo ini.

Dalam sehari pak Marajo dan anaknya bisa memproduksi cangkul sebanyak 4-5 untuk ukuran besar, sedangkan untuk ukuran kecil mencapai 6-7.

Sepanjang menjalani profesi ini pak Marajo mengaku tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat sama sekali.

Disamping itu pak Marajo dan anaknya melayani perbaikan perkakas yang rusak, seperti menyepuh kembali parang, sabit dan lainnya.

"Selagi masih besi bahannya, antarkan ke kami, akan dikerjakan", seloroh pak Marajo. (Rstp)

No comments